Sirkulasi Udara untuk Rumah yang Lebih Sehat

Lifestyle Kaya Sugih

Rumah yang laik tinggal biasanya memenuhi beberapa aspek penting yang berkaitan dengan keberadaan penghuni di dalamnya. Aspek tentang pencahayaan, psikis, termal dan pengudaraan menjadi standar utama yang harus diperhatikan. Mengapa begitu? Karena keempat hal tersebut dianggap sebagai komponen sacral yang akan menentukan kualitas kenyamanan sebuah rumah atau bangunan oleh para penghuninya,dan jika anda memilih selain property misalnya Sewa Apartemen anda juga harus memikirkan sirkulasi udara yang baik,  selain itu hal-hal tersebut juga sangat mempengaruhi salah satu poin terpenting pada manusia, yaitu kesehatan, sebagai hal yang tidak bisa dianggap sepele atau dilihat sebelah mata saja.

Sistem pengudaraan di dalam rumah secara umum dibagi menjadi system pengudaraan alami dan buatan. Apa yang membedakannya? Mari kita lihat.

Sistem pengudaraan alami adalah strategi paling dasar dalam proses pembangunan rumah tinggal. Strtegi dalam system pengudaraan ini adalah dengan cara mendesain rumah dimana pertukaran udara dapat terjadi secara terus menerus tanpa harus dibantu alat-alat tertentu. Udara luar dapat masuk ke ruangan rumah secara otomatis bertukar dengan udara yang ada di dalam rumah. Bgaimana caranya? Analisalah arah angina yang melalui lahan rumah anda secara umum. Dari hasil analisa tersebut dapat diolah dan diaplikasikan dalam membentuk arsitektur bangunan anda. Penerapan ini bisa dilakukan dengan penentuan bukaan-bukaan pada ruangan di dalam rumah atau bagunan yang menjadi sarana utamaa bagi angina untuk bisa memasuki ruangan di dalam rumah.

Arsitektur seperti ini sering disebut desain arsitektur tropis. Sebuah arsitektur tropis dikatakan berhasil salah satu tolok ukurnya  juga dilihat dari apakah karya tersebut mampu memberikan ruang udara untuk dapat bertukar secara bebas, sehingga kualitas udara di dalam ruang dapat selalu berganti.

Prinsip dasar dalam system pengudaraan ini sering dikenalkan dengan penerapan cross ventilation dalam ruang. Cross ventilation memberikan bukaan-bukaan seperti pintu, jendela mapun ventilasi tradional, dimana udara dapat masuk ke dalam rumah. Udara yang terus bergerak haruslahmemiliki arah masuk dan keluar sesuai pergerakannya di dalam ruang. Jadi kunci utamanya ada pada penempatan bukaan yang tepat agar rumah atau bangunan anda dapat ‘bernafas’ dengan benar.

 

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply

Most popular articles related to Sirkulasi Udara untuk Rumah yang Lebih Sehat